Tersedia Token Listrik Prabayar Untuk Jawa & Bali
![](http://i1132.photobucket.com/albums/m563/wyde_v5/Untitled-1copy.jpg)
Listrik prabayar merupakan layanan baru dari PLN untuk pelanggan dalam mengelola konsumsi listrik melalui meter elektronik prabayar.
Dengan listrik prabayar, pelanggan bisa lebih mudah mengoptimalkan konsumsi listrik, disamping itu pelanggan tidak perlu berurusan dengan pencatatan meter setiap bulan, dan tidak perlu terikat dengan jadwal pembayaran listrik bulanan. Karena persediaan kWh dapat ditambah berapa saja dan kapan saja sesuai kebutuhan dan keinginan pelanggan.
Latar belakang diluncurkannya program ini sebagai wujud komitmen PLN untuk terus meningkatkan pelayanannya kepada pelanggan dengan berbagai bentuk inovasi. Selama ini banyak pelanggan mengeluhkan mengenai pencatatan meter, jumlah tagihan yang tidak menentu setiap bulan, banyak pula keluhan mengenai tagihan listrik di rumah kontrakan/kos. Dengan adanya Listrik Pra Bayar pelanggan dapat dengan mudah mengendalikan pemakaian listriknya sesuai dengan kebutuhan.
Banyak manfaat yang didapat oleh pelanggan dengan adanya program prabayar ini, antara lain :
- Pelanggan dapat dengan mudah memantau pemakaian listriknya setiap saat
- Pelanggan dapat mendisiplinkan diri sendiri untuk menggunakan listrik sesuai anggaran belanja
- Pelanggan tidak lagi berurusan dengan pencatat meter dan jadwal pembayaran setiap bulan
- Pelanggan dapat membeli token (isi ulang energy listrik) di payment point, ATM dengan jaringan yang luas dan outlet-outlet PPOB
- Tidak ada istilah menunggak
- Privasi pelanggan tidak terganggu
- Tidak dikenakan Uang Jaminan Langganan
- Pelaksanaan penyambungan cepat
Listrik Pra bayar ini dapat dinikmati oleh pelanggan PLN tegangan rendah di seluruh wilayah Jawa Timur mulai awal bulan Desember 2009. Untuk pengajuan pemasangan listrik pra bayar pelanggan dapat datang ke loket pelayanan PLN dengan proses sebagai berikut :
A. Kendali PLN
- Pelanggan Mendaftar
- Survey
- SIP
- Tandatangan SPJBTL
- Copy SLO atau Surat Pernyataan (Bila SLO Belum ada)
- Bayar BP dan Token Perdana
- Pasang SR dan APPPlus Terminal bila SLO blm ada
B. Kendali Calon Pelanggan / Pelanggan
- Pemasangan IML
- Pengurusan SLO
Catatan : Listrik prabayar ini bukan hanya untuk pelanggan pasang baru, namun pelanggan pasca bayar (existing) pun dapat mengajukan migrasi dari pasca bayar ke prabayar.
- Pembelian Token dapat diperoleh di payment point yang telah bekerja sama dengan PLN, yaitu :
- BPR KS (Bank Perkreditan Rakyat Karyajatnika Sadaya)
- BANK BUKOPIN
- PT POS Indonesia
- BNI
- BRI
TOKEN
TOKEN adalah kode yang di masukkan ke Meter Listrik Pra Bayar sehingga dapat menyalurkan sejumlah listrik (kWh) tertentu ke instalasi konsumen. Token terdiri dari 20 (dua puluh) angka yang bersifat unik, hanya untuk nomor meter Prabayar tertentu.
- Nilai token terdiri dari unsur kWh, PPJ dan Materai.
- Token memiliki berbagai pilihan nilai tertentu : Rp. 20.000,- Rp 50.000,- Rp. 100.000,- Rp 250.000,- Rp 500.000,- Rp. 1.000.000,- dan pelanggan pada saat membeli token dapat memilih nilai nominal sesuai dengan yang dikehendaki seperti tersebut diatas.
- Token tidak memiliki expired date (kadaluawarsa)
PENGGUNAAN LISTRIK PRABAYAR
LANGKAH 1 :
Sebelum menggunakan listrik prabayar, voucher token harus dibeli dari tempat penjualan token terdekat. Nomor serial meter harus sesuai dengan identitas pelanggan, agar token kWh dapat digunakan. Pada saat membeli token pelanggan akan mendapatkan 20 digit yang tertera di struk pembelian. Masukkan 20 digit nomor token di struk ke meter anda.
PENTING :
- Token hanya dapat dipakai untuk nomor seri meter tertentu
- Token hanya dapat digunakan sekali pakai